Friday, October 17, 2008

Loch Ness Monster

THE LOCH NESS MONSTER, yang juga disebut dengan Nessie atau Ness atau juga Niseag (bahasa Gael orang-orang Skotlandia) adalah mahluk atau sekelompok mahluk yang mendiami Loch Ness, sebuah danau air tawar yang sangat dalam didekat kota Inverness, bagian utara Skotlandia.

Legenda mengenai keberadaan sebuah monster (binatang besar) yang mendiami pedalaman danau Loch Ness ini sudah terdengar selama beberapa abad kebelakang, walaupun kebenaran akan legenda tersebut begitu dipertanyakan.

Catatan Penampakan Nessie Yang Terkenal

Kenapa saya katakan dengan yang paling terkenal? Karena bila berdasarkan hanya pada laporan individu atau sekelompok orang, penampakan Nessie memiliki laporan yang cukup banyak. Ada yang melihatnya secara langsung dari kejauhan, dari dekat dan bahkan ada yang diserang. Lebih hebat lagi ada yang sempat menungganginya, saya rasa lapopran yang terakhir ini benar-benar datang dari orang gila.

1.500 tahun yang lalu, sekelompok manusia yang mendiami dataran tinggi Skotlandia mencatat penampakan seekor mahluk air aneh yang mereka lukiskan pada sebuah dinding direruntuhan kuil pemujaan. Mereka menyebutnya dengan Curara.

Curara

St. Columba of Scotland (7 Desember 521 – 9 Juni 597), dalam catatan kehidupannya yang dibukukan oleh Adamnan, mengatakan bahwa pada tahun 565 masehi, St. Columba dibantu beberapa pengikutnya telah berhasil menyelamatkan sekelompok Pict (suku pedalaman Skotlandia) dari serangan seekor monster berleher panjang yang mengejar perahu mereka.

Tahun 1871, aeorang kapten sebuah kapal perang yang sedang melatih anak buahnya disekitar danau Loch Ness melaporkan bahwa ia dan anak buahnya telah menyaksikan sesuatu yang berukuran besar bergerak dengan lambat, kemudian berhenti, lalu bergerak cepat dan terus menghilang kedalam air danau. Dalam kejadian ini, Kapten D. Mackenaie dan ank buahnya melukiskan bahwa sesuatu tersebut mirip punggung gajah. Tapi jelas terlalu besar bila dikatakan itu punggung seekor gajah. Dan gajah tidak mungkin bisa berenang secepat itu apalagi kemudian menyelam kedalam air dan tidak muncul lagi ke permukaan. Lagi pula apa yang gajah itu lakukan di danau tersebut.

Penampakan Nessie dalam dunia modern pertama kali dilaporkan oleh Mr. dan Mrs. John Mackay pada tanggal 2 Mei 1933. Patut diketahui bahwa Mr. dan Mrs. Mackay adalah anggota masyarakat yang terkenal dan terpandang dari kekayaan hasil usahanya dan juga prestasi dalam bidang akademisnya. Melaporkan hal-hal seperti ini tentunya hanya akan menodai nama baik mereka dan keluarga mereka. Tapi toh tetap saja mereka melaporkan telah melihat seekor binatang berukuran raksasa berguling-guling dan memukul-mukul permukaan air danau (seperti ekor paus memukul permukaan air laut).

A.H. Palmer, seorang kepala daerah setempat, pada tanggal 11 Agustus 1933 ditemukan orang dalam keadaan terbengong-bengong. Setalah sadar dirumah sakit, ia bercerita dengan penuh ketakutan bahwa ia telah menyaksikan sendiri beberapa meter didepan latan pancingnya, seekor monster berleher panjang muncul kepermukaan. Ia bahkan mendeskripsikan mengenai bentuk mulut monster tersebut.

Bukti Keberadaan Nessie

Seorang dokter spesialis bedah R.K. Wilson pada 19 April 1934, Ketika ia sedang dalam perjalanan menuju rumah mertuanya, ia mendadak menghentikan kendaraannya dan dengan penuh ketegangan memasang kamera besarnya dipinggir tebing dipinggir danau. Sebuah foto yang melukiskan seekor binatang berleher panjang yang sedang berenang dipermukaan danau Loch Ness.


Dua buah foto Nessie yang diambil oleh R.K. WIlson

Pada awal tahun 1970, sekelompok peneliti dari kalangan ilmuan yang meneliti legenda Nessie menghasilkan sebuah bukti yang cukup mengganggu mereka. Bukti tersebut adalah berupa rekaman kamera foto bawah air yang telah diberi sensor. Dimana kamera tersebut akan segera mengambil gambar setiap kali dilewati sesuatu yang bergerak. Kebanyakan foto tersebut adalah seekor ikan dari berbagai ukuran sampai kemudian mereka terkejut akan sebuah foto yang berhasil diambil oleh kamera tersebut.


Sirip atau Kakinya Nessie?

Kesimpulan Akhir

Semua penelitian mengenai keberadaan Nessie segera dihentikan. Saat ini Nessie hanyalah sebuah maskot pariwisata Danau Lochness. Bila memang ternyata Nessie hanyalah penampakan maya atau sebuah ilusi belaka, maka biarlah ia menjadi cerita misteri yang asyik untuk dibicarakan. Tapi jika Nessie memang benar-benar ada, biarlah ia hidup dengan damai bersama kelompoknya dikedalaman Danau Lochness yang begitu luas dan dalam yang bahkan sampai saat ini belum terjelajahi.

Mungkinkan Nessie adalah Pleisosaurus yang masih bertahan hidup?



No comments:

Post a Comment