Thursday, October 9, 2008

Bintang Terbesar Yang Diketahui Manusia

Bintang terbesar yang diketahui manusia sampai saat ini adalah...., tapi ada baiknya kita untuk terlebih dahulu sedikit lebih mengenal Matahari.

Untuk membandingkan besar suatu bintang, para astronomer menggunakan satuan yang disebut dengan "Solar Mass" atau masa Matahari. Dimana masa Matahari adalah 2 x 1030 kg atau setara dengan 2.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 kg. Untuk lebih mudahnya adalah Matahari kita sanggup menampung 1 juta planet bumi didalamnya. Terbayang besarnya masa Matahari?

Lalu bagaimana dengan VY Canis Majoris yang disebut dengan hypergiant star atau bintang hiper raksasa tersebut? VY Canis Majoris (VY CMa) adalah bintang hiper raksasa merah yang terletak pada konstalasi Canis Major. Ia adalah bintang terbesar yang pernah diketahui manusia sampai saat ini dengan jarak sekitar 5.000 tahun cahaya dari bumi. Profesor Roberta M. Humphreys dari universitas Minnesota mengatkan bahwa bila VY CMa diletakkan pada tempat dimana sekarang Matahari kita berada, maka permukaannya akan menyentuh orbit planet Saturnus. bahkan untuk mengelilingi permukannya cahaya akan memerlukan waktu delapan jam untuk satu kali keliling. Singkatnya, Bintang Hiper Raksasa yang bernama CY Canis Majoris ini memiliki besar 2.100 kali Matahari. Klik gambar disamping dan perbesar, begitulah perbandingan Matahari dan bintang hiper raksasa ini.

Untuk Animasinya silahkan download disini.



Source: Universe Today and Wikipedia

No comments:

Post a Comment