Saturday, November 8, 2008

Planet Mirip Bumi Dalam Orbit Gliese 581

Mungkinkah planet disamping (gambar rekaan artis) akan menjadi rumah kita di masa depan nanti?

Sebuah planet yang sepertinya layak huni ditemukan mengorbit pada bintang Gliese 581. Bintang ini termasuk dalam kategori bintang cebol merah (red dwarf star). Telah ditemukan setidaknya tiga buah planet yang beredar mengelilinginya, Gliese 581 b, Gliese 581 c dan Gliese 581 d dimana Gliese 581 a adalah Gliese 581 itu sendiri. Kita tidak akan membicarakan planet-planet Gliese ini kecuali satu planet saja yaitu Gliese 581 c yang disinyalir merupakan planet layak huni seperti Bumi.

Gliese 581 c, merupakan sebuah planet yang terletak pada zona habitat dimana planet-planet pada zona ini kemungkinan memiliki kemampuan untuk menopang kehidupan, dalam bahasa kasarnya planet-planet dalam zona ini kemungkinan memiliki air dalam bentuk cair. Para Astronomer handal dengan teleskop yang super handal pula memperkirakan planet ini memiliki suhu yang berkisar antara -30 Celcius sampai dengan 400 Celcius, suhu yang cukup hangat bahkan disinyalir lebih nyaman dari bumi. Dengan suhu yang hanya 3 derajat dibawah titik beku dan jauh dibawah titik didih membuat planet ini layak untuk dapat menghasilkan air dalam bentuk cair.

Data lain mengenai Gliese 581 c ini adalah letak planet ini yang berjarak 20,5 tahun cahaya dari bumi atau sekitar (193 trilliun kilometer). Planet ini pun akan menguntungkan bagi para penjual cinmderamata bila nanti planet ini dapat kita diami karena ulang tahuan akan berlangsung setiap 13 hari sekali. Planet ini memiliki ukuran 5 kali planet Bumi atau satu pertiga kali planet Neptunus.

Penelitian secara seksama pada planet ini memang belum pernah dilakukan secara serius. Tapi setidaknya Xavier Delvosse (Astronom yang begitu antusias terhadap planet ini) mengatakan bahwa Gliese 581 c merupakan target utama dalam misi luar angkasa di masa depan untuk mencari kehidupan luar angkasa. Dalam peta harta karun angkasa luar, kita akan tergiur untuk menandai planet ini dengan tanda X.



Source: Wikipedia

No comments:

Post a Comment