Thursday, November 13, 2008

Hidup Tanpa Kepala

Tidak aku kategorikan dalam misteri karena memang bukan misteri. Ini adalah fakta yang terbukti dan sebaiknya jangan dibuktikan sendiri, kejam jika anda ingin membuktikannya sendiri.

Adakah mahluk yang bisa hidup tanpa kepala lebih dari satu hari? Jawabnya adalah ada! Bahkan tidak cuma satu hari, tapi satu minggu.

Yup...!!! Satu-satunya mahluk yang bisa hidup tanpa kepala sampai satu minggu adalah kacoak, kecoa, kecoro or whatever lah. Seperti halnya serangga-serangga lain dengan sistem saraf yang menyebar, tidak seperti mahluk lainnya yang berpusat pada otak, sistem saraf kecoak memiliki sifat yang khusus dibandigkan dengan serangga yang lain. Sistem saraf dari kecoak secara otomatis tetap menggerakkan seluruh anggota tubuhnya dengan reflek yang tetap terjaga. Itulah mengapa, walaupun kepalanya terpenggal, ia tetap dapat hidup, berjalan, dan merespon keadaan sekitar secara normal walaupun tanpa kepala. Tanpa penyebab dari dunia luar, kecoak ini baru akan mati setelah satu minggu dikarenakan kkehausan dan kelaparan. bagaimana ia minum dan makan jika tidak memiliki kepala?



Source: BBC

No comments:

Post a Comment