Sunday, November 16, 2008

Bangunan Tertinggi di Dunia

Burj Dubai alias Menara Dubai adalah bangunan pencakar kaki super tinggi yang pernah dibuat manusia. Terletak dipusat bisnis Dubai, Emirat Arab, Menara Dubai memakan total anggaran sebesar USD 4,1 miliar dari total keseluruhan pembangunan "New Downtown Dubai" yang sebesar USD 20 miliar. Gedung ini tidak hanya akam menjadi pusat bisnis atau semacamnya, gedung ini, seperti dikatakan oleh Mohamed Ali Alabbar, CEO dari Emaar Properties, akan menjadi sebuah kota dimana didalamnya akan terdapat pusat bisnis, rumah tinggal, hotel apartemen, pusat rekreasi, pendidikan dan juga pusat perbelanjaan dimana Giorgio Armani telah membeli sebuah rumah dengan harga USD 45.000 per meter persegi.

Ketinggian akhir dari Burj Dubai masih sangat dirahasiakan dengan alasan persaingan ketinggian gedung-gedung lain didunia. Mereka tidak ingin gedung-gedung lain segera melakukan perombakan dan mempertinggi gedung mereka untuk menyaingi Menara Dubai tersebut. Walaupun demikian menurut beberapo sumber yang dirahasiakan, diperkirakan tinggi akhir dari menara dunia ini sekitar 818m. Berdasarkan tinggi tersebut, diperkirakan pula jumlah lantai yang akan didiami manusia sekitar 162 lantai. Greg Sang, Sang Manager Proyek, menyatakan bahwa gedung-gedung tinggi dunia saat ini tidak memiliki pondasi yang cukup kuat bila mereka ingin menambah tinggi bangunan mereka agar menyamai ketinggian bangunannya.

Tahapan Pembangunan Burj Dubai
  • 21 September 2004
    Perusahaan Konstruksi Emaar memulai pembangunan Burj Dubai.
  • February 2007
    Burj Dubai mengalahkan rekor Sears Tower sebagai bangunan dengan lantai terbanyak.
  • 13 Mei 2007
    Burj Dubai memecahkan rekor pompa beton tertinggi (452 m) dengan mengalahkan pompa beton yang digunakan pada saat pembangunan Taipei 101 (449,2m).
  • 21 Juli 2007
    Burj Dubai kembali mengalahkan rekor Taipei 101, yang sampai saat itu nerupakan gedung tertinggi didunia, dengan tinggi 509,2 m dan dinyatakan sebagai bangunan tertinggi didunia.
  • 12 Agustus 2007
    Burj Dubai mengalahkan tinggi Antena Sears Tower dengan tinggi saat itu mencapai 527.3 m.
  • 12 September 12, 2007
    pada ketinggian 555,3 m, Burj Dubai tidak hanya menjadi bangunan tertinggi tapi ia juga menjadi konstruksi tertinggi yang pernah dibuat manusia dengan mengalahkan CN Tower in Toronto.
  • 7 April 2008
    Burj Dubai, yang bila diukur dari dasar sampai keujung antena yang terletak dipuncaknya (629 m), mengalahkan KVLY-TV Mast dan menjadikannya sebagai struktur bangunan tertinggi yang pernah dibuat manusia.
  • 17 Juni 2008
    Burj Dubai telah mencapai ketinggian 636 m. Ketinggian akhir dari konstruksi ini tidak akan diveritahu sampai pemasangan antena terintinggi diantara antena-antena lain yang berada dipuncaknya slesai ditancapkan.
  • 26 September 2008
    Burj Dubai telah mencapao ketinggian 707 m dan terus bertambah karena belum 100% selesai.
Walaupun demikian, Burj Dubai belum lagi dicatat dalam Guiness Book of World Records karena beberapa faktor, diantaranya: Bangunan yang belum selesai dibuat dan belum mendapatkan sertifikat keamanan untuk didiami manusia. Tidak seperti dinegara kita, mie terpanjang, nasi goreng terbesar atau kue terbesar semua masuk MURI tanpa memperhatikan faktor kesehatan ketika membuatnya.

Kapan Indonesia memiliki rekor yang diakui dunia seperti ini selain sebagai negara dengan tingkat korupsi tertinggi di dunia?


Tahapan Pembangunan Burj Dubai


Perbandingan Gedung-gedung Pencakar Langit Dunia


Bagian akhir Burj Dubai yang belum selesai


Burj Dubai si Menara Dunia



Source: Wikipedia

No comments:

Post a Comment