Friday, February 13, 2009

7 Lubang Bumi

Entah berapa lubang yang dimiliki bumi dan pastinya tidak mungkin untuk mengindeks setiap lubang yang ada dipermukaan bumi. Tapi ada tujuh buah lubang yang terkenal, baik lubang yang terjadi akibat proses alami bumi ataupun lubang buatan manusia. Sebagai salah satu contohnya adalah lubang yang gambarnya anda dapat lihat pada ujung kanan atas artikel ini. Lubang tersebut bernama The Great Blue Hole yang ditemukan oleh seorang penyelam dan peneliti laut kenamaan Jacques-Yves Cousteau yang kemudian menyelaminya. The great blue hole adalah lubang bawah laut yang terletak pada pesisir pantai Belize, Amerika tengah. Lubang tersebut berbentuk lingkaran dengan garis tengah sepanjang 300 meter dan kedalam mencapai 120 meter. The Great Blue Hole menjadi lubang nomor satu untuk pembahasan kita kali ini.

Lubang lainnya adalah....,


2. Kimberley Big Hole - Afrika Selatan.

Lubang ini dalamnya 1097 M, bekas penambangan Berlian, ditutup pada Tahun 1914 Setelah menghasilkan 3 Ton Berlian. Gari tengah lubang ini adalah 463 meter dengan kedalaman 240 meter.



3. Glory Hole, Bendungan Monticello - California.

Tidak ada yang begitu luar biasa dari bendungan ini. Bahkan bendungannya sendiri pun tidak lebih terkenal dari Spillway-nya yang gambarnya bisa kita lihat di bawah ini. Keunikannya adalah Spillway, atau lubang mirip kerucut yang dipergunakan untuk menggerakan turbin, ketika air bendungan penuh akan memasuki spillway tersebut. Hal itu menyebabkan pemandangan unik seperti gambar-gambar dibawah.




4. Bingham Canyon - Utah.

Penggalian tambang dilakukan sejak tahun 1863 sampai sekarang, dengan kedalaman 1.207 M dan Lebar 4.023 M.



5. Mirny Diamond - Serbia.

Tambang berlian di Serbia, dengan kedalaman 525 M dan Lebar 1200 M.



6. Tambang Diavik - Kanada.

Terletak 300 Km Timur Laut YellowKnife, Kanada.



7. Sinkhole - Guatemala.

Lubang besar yang terjadi karena Hujan dan buangan air, sehingga mengakibatkan amblesnya tanah. Kedalamannya sanggup menelan Patung Liberty


No comments:

Post a Comment